Selasa, 30 April 2024

Bencana Tahunan, Warga Sumberejo Pakal Ingin Terbebas Dari Banjir

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Banjir setinggi pangkal paha orang dewasa di Sumberejo Pakal menyebabkan warga harus dievakuasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Warga di kawasan Sumberejo, Kecamatan Pakal, Surabaya ingin wilayahnya bisa terbebas dari banjir yang hampir tejadi tiap tahun. Meskipun bisa dikatakan warga sudah terbiasa dengan banjir.

Agus Setyoko Camat Pakal pada Radio Suara Surabaya mengatakan, oleh karena Pemkot Surabaya sudah mulai menanggul Kali Lamong untuk mengantisipasi banjir ini.

Pemkot sudah mulai menanggul Kali Lamong sisi selatan dikerjakan BBWS dan di sebelah utara sepanjang 300 meter dikerjakan Dinas PU Pemkot.

“Memang belum semuanya ditanggul karena sangat panjang dan berbelok-belok,” kata dia.

Intinya, lanjut dia, warga mendukung upaya penanggulangan karena volume banjir beberapa titik mulai berkurang. Tidak seperti di RW 2 dan 3 Kelurahan Sumberejo. Dengan penanggulangan ini maka bisa terkurangi volume banjir.

“Sebenarnya air yang masuk ke Sumberejo itu bukan langsung dari Kali Lamong tapi juga limpahan dari wilayah Menganti,” ujar dia.

Kata Agus, Sumberejo ini tergolong unik. Karena meski tidak ada hujan, Sumberejo sering banjir karena air kiriman dari Menganti dan Lamongan. Selain itu wilayah Sumberejo sering banjir karena rob atau air pasang. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs