Selasa, 21 Mei 2024

Berkas Belum Lengkap, Pencairan Ganti Rugi Lapindo Diundur

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sembilan tahun lumpur Lapindo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur memastikan pembayaran ganti rugi koban lapindo tinggal menunggu selesainya pemberkasan. Uang untuk ganti rugi saat ini sudah ada dan tinggal menyalurkannya pada yang berhak mendapatkan ganti rugi.

“Uangnya sudah ada, saya ditelpon Menteri PU sebetulnya hari ini bisa, tapi masih ada masalah administrasi di lapangan,” kata Soekarwo, Jumat (26/6/2015).

Bahkan lokasi pembagian ganti rugi juga telah diputuskan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo. Sayangnya, belum selesainya proses pemberkasan menjadikan pencairan diundur hingga pekan depan.

Sekadar diketahui, pemberkasan dilakukan untuk memastikan warga yang berhak mendapatkan ganti rugi. Selain itu juga perlu dilakukan pengecekan di Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk memastikan ukuran tanah dan bangunan yang akan mendapatkan ganti rugi.

“Proses administrasi ini penting, uangnya itu kalau sudah masuk nanti tidak bisa ditarik jadi harus benar-benar klir sebelum dilakukan pembayaran,” ujarnya.

Ganti rugi yang saat ini disiapkan pemerintah, kata Soekarwo, senilai Rp871 miliar. Ganti rugi ini merupakan bagian dari sisa pembayaran bagi warga di dalam peta terdampak yaitu warga desa Siring, Renokenongo, Kedungbendo, dan Jatirejo. (fik/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
30o
Kurs