Selasa, 21 Mei 2024

Besok, Ganti Rugi Korban Lapindo akan Dibayarkan di Pendopo Sidoarjo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Semburan lumpur Lapindo, Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur memastikan pembayaran ganti rugi bagi korban lumpur Lapindo akan dimulai pada Selasa (13/7/2015), besok. Proses pembayaran ganti rugi perdana ini akan dihadiri oleh Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Besok jam 10, pertemuan akan dilakukan di Pendopo Sidoarjo,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Senin (13/7/2015). Selain dihadiri Menteri PU, proses pembayaran ganti rugi perdana ini juga akan dihadiri oleh Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial.

Meski secara pasti acara akan digelar di Pendopo Sidoarjo dan akan dimulai pukul 10.00 WIB, namun hingga siang ini Soekarwo mengaku belum mengetahui pasti detail acara tersebut. “Saya hanya dikasih tahu besok akan dibayar di pendopo dan saya diminta berkoordinasi dengan Pak Saiful Ilah (Bupati Sidoarjo),” ujarnya.

Menurut Soekarwo, pada pertengahan puasa, dirinya memang sempat bertemu dengan Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri. Saat itu, dirinya secara khusus minta Tjahjo bisa merayu Joko Widodo, Presiden untuk mempercepat proses pencairan ganti rugi. Kalau bisa, pencairan dilakukan sebelum lebaran.

“Saat ini Menteri Keuangan sudah tandatangan, ini perkara bunga dan jaminan kalau tidak bayar juga sudah clear. Jadi memang tinggal pencairan kepada warga saja,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
31o
Kurs