Jumat, 29 Maret 2024

Besok, Unair Beri Soekarwo Gelar Doktor Kehormatan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur (kiri) bersama Prof M. Nasih Rektor Unair Surabaya di Unair Surabaya, Jumat (22/8/2015). Foto: Abidin suarasurabaya,net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mendapat Gelar Doktor Honoris Causa bidang ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (22/8/2015).

Sidang pengukuhan gelar itu dilaksanakan di Aula Garuda Mukti gedung Rektorat lantai 5 Unair besok pada pukul 09.00 WIB.

Tema pidato ilmiah Soekarwo adalah “Jatimnomics: Sebuah Model Indonesia Incorporate dalam Menghadapi Era Perdagangan Bebas Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif”.

Pakde Karwo, biasa disapa, ingin membangkitkan kembali wacana Indonesia Incorporated yang pernah digagas Tanri Abeng Menteri BUMN pertama pada tahun 1998 silam.

“Gagasan ini sudah lama ada. Hanya saja saya munculkan atas dasar empiris di pemerintahan di Jatim. Sehingga muncul miniatur Indonesia Incorporated bernama Jatimnomics,” kata Soekarwo di Unair Surabaya, Jumat (22/8/2015).

Di Jawa Timur, kata dia, konsep Jatimnomics memiliki ciri aktivitas ekonomi pada tiga basis sasaran.

Tiga basis tersebut adalah peningkatan basis produk UMKM dan Besar, Pembiayaan kompetitif, dan Pengembangan perdagangan atau pasar.

“Ciri utama Jatimnomics adalah hubungan eksekutif dan legislatif dalam hal ini Gubernur dan DPRD bersifat membangun kemitraan kritis, yang menjamin iklim investasi di Jatim kondusif,” jelasnya.

Sementara itu, Prof M. Nasih Rektor Unair Surabaya mengatakan, pemberian gelar doktor honoris causa ini berdasarkan penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis Unair yang menemukan gaya kepemimpinan Pakde Karwo dalam mengembangkan ekonomi, ternyata di luar pakem.

“Capaian Pakde Karwo yang berhasil menghadirkan kantor perwakilan dagang di 26 provinsi, adalah salah ciri gagasannya,” katanya.

Soekarwo, kata Nasih, dikukuhkan menjadi Doktor Honoris Causa ke 10 di Unair Surabaya.

Rencananya, pengukuhan dihadiri beberapa menteri, termasuk Menristek Dikti. (din/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs