Kamis, 2 Mei 2024

Black Box CVR Ditemukan Tinggal Diangkat

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan

Kotak black box Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat AirAsia QZ8501, berhasil dideteksi sinyalnya. Jaraknya hanya 20 meter dari kotak Flight Data Recorder (FDR). Tim Basarnas berencana akan mengangkatnya menggunakan lifting bag.

Marsekal Pertama TNI Angkatan Udara Bambang Supriyad Direktur Operasional mengatakan, lifting bag untuk mengangkat CVR sudah ada di KRI Banda Aceh. Nantinya akan dibantu sama penyelam TNI Angkatan Laut membawa ke bawah laut.

“Ada dua lifting bag di KRI Banda Aceh, yang siap mengangkat. Saat ini penyelam sedang memikirkan teknis pengangkatannya,” kata Bambang Supriyadi, di Lapangan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (13/1/2015).

Supriyadi menjelaskan, posisi CVR terhimpit dengan sayap pesawat. Untuk mengangkatnya, maka harus mengevakuasi sayapnya terlebih dahulu dengan lifting bag.

“Diharapkan para penyelam nanti sudah merangkai bagaimana teknis pengangkatan CVR dan sayap pesawat bisa diangkat semuanya dengan lifting bag, jika itu bisa,” tegas dia.

Namun, saat ini masih menunggu kapal yang siap mengangkut sayapnya. (riy/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs