Sabtu, 18 Mei 2024

Black Box Terdeteksi Dua Hari, Senin Diangkat

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Jenderal Moeldoko Panglima TNI dan Tatang Kurniadi Ketua KNKT dalam jumpa pers, di Posko Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng setelah black box AirAsia QZ8501 ini berhasil diangkat Senin (12/1/2015). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengungkapkan, black box Flight Data Recorder (FDR) atau data rekaman penerbangan AirAsia QZ8501 ditemukan sejak dua hari lalu oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut, dan baru diangkat Senin (12/1/2015). Hal itu berdasarkan sinyal dari Kapal Negara (KN) Jadayat, setelah ditemukannya ekor pesawat.

“Tim penyelam dari TNI Angkatan Laut saat mengangkat ekor pesawat ada informasi dari KN Jadayat sinyal frekuensi yang sangat kuat, seperti black box,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dalam jumpa pers, di Posko Lapangan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Senin (12/1/2015).

Dari sinyal yang cukup kuat itu, penyelam terus-menerus melakukan operasi pencarian. Alhasil, Senin (12/1/2015) hari ini berhasil ditemukan dan langsung dilakukan pengangkatan.

“Black box sudah ditemukan pagi tadi pukul 07.00 Wib, kemudian langsung dilakukan pengangkatan,” ujar Tatang Kurniadi Ketua KNKT menambahkan. (riy/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs