Selasa, 14 Mei 2024

Buah Lokal Masih Unggul Daripada Buah Impor

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Beredarnya apel gala dan granny asal Amerika yang tercemar bakteri listeria yang menyebabkan penyakit listeriosis sedikit mengejutkan masyarakat. Di Amerika sendiri, setidaknya ada tiga konsumen yang meninggal sementara pulahan orang lainnya sakit setelah mengkonsumsi apel tersebut.

Padahal, sebenarnya masyarakat tidak perlu khawatir dengan citra negatif yang ada pada buah impor akhir-akhir ini. Di Indonesia sendiri, sebenarnya tidak kekurangan pasokan buah-buahan berkualitas.

Apel Malang, yang seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat sebenarnya malah memiliki kualitas yang lebih bagus daripada apel impor. Tekstur buahnya yang cenderung keras saat dimakan malah menandakan buah tersebut segar. Sebaliknya, apel impor seperti apel washington atau fuji yang cenderung lunak saat dimakan, sejatinya vitamin dan gizinya kalah dari apel lokal.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah seharusnya mampu menerapkan peraturan yang bisa menarik minat dari masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan lokal.

Apalagi, seperti diketahui pada akhir 2015 ini untuk wilayah ASEAN akan memasuki periode pasar bebas. Peraturan yang mendukung potensi buah-buahan lokal sama saja dengan menyelamatkan pedagang untuk tetap bertahan pada periode pasar bebas yang sebentar lagi datang. (berbagai/dop/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs