Jumat, 19 April 2024

Buka Jerman Fest, Orkestra Babelesberg Iringi Film Bisu, Metropolis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penampilan orkes film Metropolis di Ciputra Hall, Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Orkes Film Jerman Babelsberg yang didatangkan langsung dari Berlin ini dijadwalkan mengiringi sebuah film bisu berjudul Metropolis menandai dibukanya Jerman Fest.

Babelsberg dalam konser-konsernya dikenal mampu menghidupkan film dan musik skor bagi penonton seluruh dunia dengan cara yang sangat mempesona dan memikat.

Dari beberapa situs internet, kelompok orkestra ini juga dianggap mewujudkan sebuah sejarah yang kaya dan pada saat yang bersamaan membukukan sejarah dari perfilman Jerman.

Musik skor yang digubah oleh Gottfried Huppertz adalah hasil dari banyaknya pengaruh yang diterimanya, kemudian diwujudkannya dalam karya melalui pendekatan lebih realistis.

Metropolis adalah sebuah film yang disutradarai Fritz Lang berlatar belakang kehidupan sosial modern di tahun 2026. Film science fiction ini dibuat tahun 1926. Saat pembuatan film ini, Metropolis adalah film termahal dalam sejarah perfilman Jerman ketika itu.

Diawali lagu kebangsaan Indonesia Raya disusul lagu kebangsaan Jerman, permainan orkestra mengiringi Metropolis, Senin (7/9/2015) berlangsung sekurangnya 3 jam di Ciputra Hall, Citraraya Surabaya.

Ratusan penonton yang memenuhi tempat duduk gedung pertunjukan di wilayah Surabaya barat itu, tetap bertahan hingga pertunjukan usai.

“Pertunjukan yang bagus. Tidak pernah ada film orkestra seperti ini di Surabaya. Ini menjadikan inspirasi yang bagus seharusnya bagi para musisi di Surabaya. Luar biasa,” ujar Felicia violinist yang juga pengajar biola di sebuah sekolah musik di Surabaya saat ditemui suarasurabaya.net usai pertunjukan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs