Senin, 6 Mei 2024

Buruh Bentrok Dengan Raimas di Jalan Ahmad Yani

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Buruh yang melakukan aksi long march di Jalan Ahmad Yani Surabaya sempat terlibat bentrok dengan aparat kepolisian yang mengawal. Foto: Bruriy Susanto suarasurabaya.net

Buruh yang melakukan aksi long march di Jalan Ahmad Yani Surabaya bersitegang dan bentrok dengan aparat kepolisian yang mengawal.

Bentrokan itu terjadi tepat di depan UMC Suzuki Jalan Ahmad Yani, karena buruh berhenti dan tidak mau bergerak. Tiba-tiba dua kendaraan dari unit Raimas (pengurai massa) yang menggunakan motor nopol polisi X-10119-29 dan X-10117-29 mendatangi buruh, agar tidak menutup jalan.

Larangan itu membuat buruh marah, dan memukul salah satu motor yang dikendarai oleh anggota Raimas Polrestabes. Sehingga terjadi ketegangan dan pemukulan, antara buruh dengan anggota Raimas yang melakukan pengawalan.

Lantaran terpojok, salah seorang anggota Raimas terpaksa melajukan kendaraan ke depan, sehingga sempat menabrak beberapa yang melakukan aksi.

Ketegangan dan bentrokan itu tidak berjalan lama, setelah Kompol Esti Kapolsek Gayungan tiba di lokasi, ikut membantu menenangkan buruh agar terus berjalan melakukan aksinya menuju ke Grahadi.

Sekadar diketahui rencananya ribuan buruh dari Ring satu Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto dan Surabaya kembali melakukan unjuk rasa, Kamis (19/11/2015). Sebelumnya Sujarwo dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan, sekitar 5 ribu buruh akan mendesak Soekarwo Gubernur Jatim untuk merekomendasikan ke Pemerintah Pusat agar mencabut PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.(bry/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs