Selasa, 7 Mei 2024

Cacingan Tak Cukup Diatasi Dengan Obat Cacing

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pemberantasan penyakit cacingan tak cukup dengan memberikan obat cacing setahun sekali. Ini disampaikan Vensya Sitohang Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kementerian Kesehatan RI.

“Harus ada peningkatan kondisi lingkungan yang sehat juga,” ujar dia dalam pembukaan “Gerakan Waspada Cacingan” di Jakarta, Kamis (5/11/2015) seperti dilansir Antara.

Untuk bisa meningkatkan kondisi lingkungan yang sehat, kata dia, perlu upaya mengubah perilaku ke arah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Mengubah perilaku terutama pada orang yang berisiko sulit tetapi bisa dilakukan, dengan memberikan pengetahuan dan sosialiasi ke anak-anak dan kalangan masyarakat tentang PHBS.

“Dengan pengetahuan yang komprehensif kita buat masyarakat sadar dan akhirnya prilakunya berubah,” kata Vensya.

Dia mengatakan, PHBS bisa dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun terutama di lima waktu utama, yakni setelah buang air besar, membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan dan setelah memegang hewan.

Kemudian, menggunakan air bersih, mandi, memotong dan membersihkan kuku, memakai alas kaki, menutup makanan.

Selain itu, orang juga perlu memperhatikan drainase air limbah, menjaga kebersihan sekitar dan membuang sampah pada tempat sampah.

Cacingan masih menghantui masyarakat Indonesia di mana data survei 2013 pada siswa sekolah dasar di 174 kabupaten/kota menunjukkan, prevalensi cacingan mencapai rata-rata 28,12 persen, tutup Vensya. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs