Jumat, 3 Mei 2024

Chanee Tuding Strategi Jokowi Salah Satu Penyebab Kabut Asap

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Chanee Kalaweit Aktivis lingkungan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, membuat video berisi protes kabut asap kepada Joko Widodo Presiden. Foto: Istimewa.

Chanee Kalaweit Aktivis lingkungan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, membuat video berisi protes kabut asap kepada Joko Widodo Presiden. Video berdurasi tiga menit lima belas detik itu beredar cepat di dunia maya.

Para netizen menilai video Chanee cukup mewakili perasaan frustasi banyak pihak atas bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan yang mengancam kehidupan dan mengganggu penerbangan itu.

Video singkat Chanee itu diawali dengan aksinya berjalan menghampiri kamera dengan suara nafas yang tersengal di tengah asap.

“Pesan kepada presiden Joko Widodo. Nama saya Chanee, saya berasal dari Eropa, tapi sudah tinggal 17 tahun di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Saya sangat bangga menjadi Warga Negara Indonesia 3 tahun lalu, karena saya sungguh-sungguh mencintai Indonesia,”

Setelah perkenalan, Chanee kemudian mengungkapkan kemarahannya atas berlarutnya kabut asap yang sudah mengakibatkan ank-anak meninggal dunia dan terkena ISPA.

Tetapi Bapak Presiden, izinkan saya untuk hari ini menyampaikan kemarahan saya. Saya marah tidak hanya karena anak saya kena ISPA, seperti ratusan anak lain. Saya marah tidak hanya karena ribuan orang sesak nafas dan menangis sambil berdoa dapat melihat matahari lagi.

Chanee juga menunjukkan bahwa bencana kabut asap itu ditimbulkan dari kerakusan para pengusaha yang sengaja membakar lahan untuk kemudian ditanami kelapa sawit. Chanee juga mengatakan, strategi Joko Widodo Presiden untuk membuat kanal-kanal di hutan justru berdampak mengeringkan hutan dan mudah dibakar.

“Bapak Presiden, saya marah, tetapi tidak hanya sebagai aktivis lingkungan. Saya marah sebagai ayah, suami, dan seseorang yang sungguh mencintai negeri ini. Pelan-pelan kesehatan kami dicuri oleh oknum yang menimbulkan situasi ini. Apakah ini yang Bapak inginkan demi industri kelapa sawit?”

Diakhir videonya, Chanee mencantumkan Chanee mencantumkan alamat email di [email protected] dan websitenya di http://kalaweit.org.(bid/rst)

Berikut ini video Chanee yang diunggah di Youtube oleh Akun Review Yuuk: https://www.youtube.com/watch?v=_OO4QloLQGg

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs