Senin, 29 April 2024

Ci Suak Awali Rangkaian Sembahyang Imlek

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ritual Ci Suak membuka seluruh rangkaian persembahyangan jelang Imlek. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Menjelang perayaan Imlek 2566, yang jatuh pada Kamis (19/2/2015) mendatang, Sabtu (7/2/2015) ini umat Tri Dharma di Surabaya bersiap menggelar ritual Ci Suak. Demikian juga dengan TITD (Tempat Ibadah Tri Dharma) Hong San Ko Tee Jl. HOS Cokroaminoto, Surabaya juga mulai mempersiapkan ritual yang dianggap membuka seluruh rangkaian persembahyangan jelang Imlek itu.

“Ci Suak itu merupakan ritual atau persembahyangan yang membuka atau mengawali seluruh rangkaian persembahyangan menjelang Imlek. Umat datang dan melakukan ritual. Biasanya diwarnai dengan mandi kembang dan pemotongan sedikit rambut. Biasanya ramai sekali,” terang Yuliani pengurus Klenteng Hong San Ko Tee, Sabtu (7/2/2015).

Dijadwalkan ritual Ci Suak digelar pada Minggu (8/2/2015) mendatang mulai sekitar pukul 08.00 wib. Peserta ritual adalah umat yang pada tahun ini mengalami jiong. Tahun ini dalam perhitungan kalender Tionghoa adalah tahun Kambing. “Mereka yang tidak sesuai dengan Shio Kambing dalam tradisi Tionghoa wajib mengikuti ritual Ci Suak,” lanjut Yuliani.

Diharapkan dengan mengikuti Ci Suak, umat yang mengalami Jiong ditahun 2015 mendatang, kata Yuliani akan dimudahkan segala rejeki, kesehatan dan kehidupannya.

“Oleh karena itu, ritual Ci Suak seringkali dianggap sebagai pembuka seluruh rangkaian persembahyangan menjelang Imlek. Harapannya seluruh umat memperoleh rejeki berlimpah, kesehatan bagi keluarga, dan kesejahteraan ditahun baru,” pungkas Yuliani pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs