Sabtu, 18 Mei 2024

Dilantik Jadi Wakil Bupati, Buntaran Janji Optimalkan Potensi Pasir Lumajang

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pelantikan wakil bupati Lumajang di kantor Gubernur Jawa Timur, Rabu (2/12/2015). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Buntaran Supriyanto Wakil Bupati Lumajang mengatakan potensi pasir Lumajang akan kembali dioptimalkan sehingga kekurangan kebutuhan pasir di Jawa Timur segera bisa teratasi.

“Bulan ini pasir tiba-tiba masuk item penyumbang inflasi di Jawa Timur, dan ini tentu akan segera kami bahas,” kata Buntaran, usai dilantik sebagai Wakil Bupati Lumajang, Rabu (2/12/2015).

Untuk meningkatkan potensi pasir Lumajang, salah satu caranya adalah menjadikan kawasan pertambangan di Lumajang menjadi wilayah tambang rakyat. Sehingga selain bisa memaksimalkan potensi pasir yang ada, juga bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar.

“Dulu kita juga pernah punya BUMD namanya kalau tidak salah PT Semeru, jadi nanti kita evaluasi apakah masih perlu ada BUMD lagi yang khusus membahas pasir,” ujarnya.

Yang pasti, usai dilantik sebagai wakil bupati, Buntara berjanji segera melakukan evaluasi khusus soal pasir Lumajang. Perusahaan-perusahaan yang selama ini sudah beroperasi juga akan dievaluasi.

“Prinsipnya, moratorium tidak bisa seluruhnya sehingga kebutuhan pasir khususnya untuk bahan bangunan bisa dilayani lagi,” kata dia.

Sekadar diketahui, Buntara dilantik menjadi wakil Bupati menggantikan Asad Malik, yang saat ini menjadi Bupati Lumajang setelah bupati sebelumnya yaitu Sjahrazad Masdar meninggal pada awal 2015 silam. (fik/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs