Selasa, 21 Mei 2024

Dinkes Imbau Masyarakat Sekitar Raung Selalu Gunakan Masker

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Dinas Kesehatan Jawa Timur imbau masyarakat di sekitar Gunung Raung seperti Jember, Bondowoso dan Banyuwangi selalu menggunakan masker dalam menjalankan aktifitas keseharian.

Harsono, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur mengatakan, debu dari Gunung Raung sangat berbahaya karea mengandung silica atau senyawa kimia dengan rumus molekul SiO2 (silicon dioxsida) yang berbentuk sintesis kristal yang membahayakan bagi kesehatan manusia.

“Menghirup atau menghisap silica dapat terjangkit penyakit ISPA dan jika terkena kelopak mata akan terjadi iritasi atau kerusakan pada kornea mata. Jangankan manusia, jika terhisap mesin pesawat bisa merusaknya,” kata Harsono, Senin (27/7/2015).

Pantauan Dinas Dinas Kesehatan, kesadaran masyarakat akan bahaya debu vulkanik sebenarnya sudah cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat sekitar yang sudah sadar dan selalu menggunakan masker dalam beraktifitas.

Sayangnya, banyak yang menggunakan masker dengan tidak tepat. “Mayoritas mereka hanya menutup mulut, ada juga yang hanya hidung yang ditutup. Padahal masker minimal harus menutup hidung dan mulut,” kata dia.

Sementara itu terkait letusan Raung, saat ini Dinas Kesehatan juga telah mengirimkan aneka obat, makanan pendukung ASI, bubur bayi, serta masker ke daerah terdampak. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs