Selasa, 28 Mei 2024

Double Track Kereta Lingkar Jatim Ditargetkan Rampung Tahun 2018

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pembangunan jalur ganda kereta api (double track) Jakarta-Surabaya. Foto : dok. suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mentargetkan double track kereta api jalur lingkar Jawa Timur bisa rampung sebelum tahun 2018 mendatang.

Double track yang kita targetkan segera selesai adalah lingkar Surabaya-Ngawi, lantas lingkar timur Surabaya-Jember serta lingkar Surabaya-Malang-Kertosono,” kata Soekarwo, Senin (25/5/2015).

Jalur kereta ini, nantinya akan disambungkan dengan double track trans Jawa yang saat ini sudah menyambung sejak bulan November 2014 yang lalu.

Dengan adanya double track lingkar Jawa Timur, Soekarwo yakin over kapasitas transportasi darat di Jawa Timur bisa segera terurai.

“Untuk mengurangi over di darat, saat ini pembangunan Tol dari Surabaya hingga Ngawi dan Solo juga terus dikebut,” ujarnya.

Sedangkan untuk jalur udara, Bandara Juanda saat ini juga akan diperlebar. Lahan seluas 4.000 hektar juga telah disiapkan.

“Untuk jalur udara ini, targetnya pada tahun 2018 mendatang double runway dan gedung terminal tiga Juanda juga telah selesai,” kata dia.

Sedangkan untuk jalur laut, pemerintah juga mendorong PT Pelindo III segera memperluas pelabuhan yang ada. Terminal Teluk Lamong yang saat ini hanya berkapasitas 1,5 juta TEUs, diharapkan juga segera dikembangkan hingga berkapasitas minimal 5 juta TEUs petikemas. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
26o
Kurs