Kamis, 2 Mei 2024

Duka di Malam Tahun Baru, Juarai Lomba Foto CFN 2014

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya saat melihat karya foto pemenang lomba. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Puluhan karya foto dalam acara Car Free Night (CFN) yang digelar tepat malam pergantian tahun 2014 ke 2015 dilombakan. Berbagai angel foto cukup membuat juri bingung untuk menentukan juara bahkan butuh waktu berjam-jam untuk berdebat dan memutuskan siapa pemenangnya.

Debat panjang dewan juri, akhirnya membuahkan hasil siapa juara 1,2,3 dan 9 juara harapan. Foto dengan tema “Duka di Malam Tahun Baru” karya Sugiharto Fotografer Harian Surya mampu menjadi juara pertama dalam lomba fotografi yang digelar oleh Polrestabes Surabaya.

Foto yang menggambarkan satu diantara panggung CFN ditutup dengan kain putih yang bertuliskan “Acara Hiburan Ditiadakan, Ikut Belasungkawa Terhadap Korban Kecelakaan Pesawat AirAsia QZ 8501” menyisihkan karya-karya foto lainnya.

Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya mengatakan, dalam penyelenggaraan CFN 2014, sangat tidak disangka jika pada pagi harinya ada kabar duka, dimana pesawat AirAsia mengalami kecelakaan. Sebagai bentuk belasungkawa, acara CFN dimulai dengan doa bersama dan menuntup satu diantara panggung yang ada.

“Ada satu karya foto yang mampu menggambarkan bagaimana suasana CFN dengan kabar duka kecelakaan pesawat AirAsia sehingga kami pilih menjadi juara pertama,” kata Kombes Pol Setija Junianta kepada wartawan, Rabu (21/1/2015).

Dia juga menjelaskan, ada panitia yang profesional dalam hal fotografi, yang menilai dan menentukan siapa juara lomba foto CFN 2014. Setelah terpilih 12 karya foto lalu pihaknya bersama juri berdiskusikan. Dan akhirnya foto dengan tema “Duka di Malam Tahun Baru” menjadi juara pertama.

“Karena Timingnya sangat tepat, kekuatan foto itu juga mampu menggambarkan rasa empati masyarakat Surabaya dalam bentuk belasungkawa dan doa bersama saat CFN dimulai,” ujarnya.

Sementara itu J. Totok Sumarno Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) selaku satu diantara dewan juri mengatakan tradisi lomba foto CFN malam tahun baru maupun lomba-lomba foto lainnya harus sesering mungkin dilakukan.

Ini untuk membangun kepekaan terhadap lingkungan sekitar baik para fotografer maupun masyarakat umum. “Masyarakat cukup responsif dengan lomba ini dan yang terpenting moment CFN dapat terekam dalam sebuah karya foto,” ujarnya.

Berikut nama-nama juara dalam lomba foto CFN 2014:

Juara 1 : Sugiharto Fotografer Harian Surya, tema foto “Duka di Malam Tahun Baru”
Juara 2 : Eko Rohmad Effendi Komunitas Fotografi, tema foto “Di Tengah Lautan Manusia”
Juara 3 :Agustinus Sepanca N Komunitas Fotografi, tema foto “Memantau”

Sembilan juara Harapan:

– “Menikmati Kembang Api” fotograger Adi Prasetyo (Komunitas Foto)
– “Patroli” Fotografer Ahmad Mukti(Komunitas Foto)
– “Ikut Berduka” Fotografer Tarmuji(Koran Sindo)
– “Doa Di Penghujung Tahun” Fotografer Dukut Noegroho(Komunitas Foto)
– “Ikut Dong Pak Polisi” Fotografer Ali Masduki(Koran Sindo)
– “Diantara Pagar Betis” Fotografer Wahyu A (Polrestabes Surabaya)
– “Putaran Api” Fotografer Andy Satria (Radar Surabaya)
– “Dinas Malam Tahun Baru” Fotografer Eko Budianto (Polsek Rungkut)
– “Bertugas Dan Menikmati Kembang Api” fotografer Fiqh Arfani (Kantor Berita Antara Jatim). (wak/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs