Rabu, 24 April 2024

Enam Siswa Tunanetra SMP LB YPAB Awali Ujian Sekolah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Membaca huruf Braille. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Ujian sekolah mulai Senin (13/4/2015) digelar di SMP LB YPAB Surabaya, sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP 2015. Diikuti sekurangnya 6 siswa tunanetra.

“Mereka juga berhak untuk mengikuti ujian sekolah. Kami memang sudah persiapkan. Termasuk untuk tryout dan latihan mengerjakan soal-soal ujian juga sudah kami gelar,” terang drs. Eko Purwito MSi, Kepala SMP LB YPAB Surabaya.

Dan hari ini, para siswa mulai mengikuti ujian sekolah yang dijadwalkan bakal digelar sampai Sabtu (18/4/2015) mendatang. Sekaligus membiasakan para siswa mengerjakan soal ujian dengan huruf Braille.

Meski nantinya pada saat ujian nasional para siswa dipastikan didampingi oleh petugas khusus, tetapi sebelum pelaksanaan ujian nasional digelar, siswa sebaiknya dibiasakan.

“Agar mereka tidak kaget dan bingung ketika harus didampingi petugas untuk mengerjakan soal ujian nasional. Ini juga terkait dengan kecepatan siswa yang berbeda-beda memahami huruf Braille,” tambah Eko.

Diakui Eko, hingga saat ini siswanya memang memiliki keterampilan yang berbeda antara satu dengan lainnya terkait dengan kemampuan membaca huruf Braille.

Oleh karena itu, Eko berharap melalui ujian sekolah serta tryout yang sebelumnya sudah digelar, para siswa SMP Luar Biasa (LB) Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya bisa memahami huruf Braille dengan lebih cepat.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs