Sabtu, 11 Mei 2024

Evakuasi Korban Trigana Terkendala Hujan dan Pendeknya Jarak Pandang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Matius menunjukkan foto Eki Kimki anaknya yang menjadi penumpang pesawat nahas tersebut di crisis center kompleks Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (18/8/2015). Foto: Antara

Hujan sejak pagi dan jarak pandang yang hanya sekitar 50 meter membuat tim gabungan hingga kini belum bisa lakukan evakuasi korban pesawat Trigana yang jatuh di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Evakuasi lewat udara secara umum belum bisa dilakukan karena hujan,” kata Komandan Korem 172/PWY Kolonel Sugiono ketika dihubungi Antara dari Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/8/2015).

Menurut dia, jarak pandang yang hanya bisa mencapai 50 meter juga menyebankan evakuasi lewat udara sementara ini belum bisa dilakukan.

“Kalau di lokasi, di Oksob cuaca sudah agak terang, hanya di Oksibil saja yang belum,” katanya.

Namun, lanjut Sugiono yang pertama kali bertugas militer di Korem 172/PWY pada 1990 itu mengatakan tim evakuasi tetap siaga menunggu cuaca memungkinkan untuk melakukan pengangkutan para korban pesawat Trigana Air yang jatuh pada Minggu (16/8/2015) sore.

“Personel gabungan sudah siap, kami hanya menunggu cuaca baik dan memungkin untuk terbang,” katanya.

Sebelumnya, Marsekal Madya FH Bambang Sulistyo Kepala Basarnas mengatakan 54 korban pesawat Trigana Air masih ada di sekitar pegunungan Oksob karena terhambat cuaca yang tidak bersahabat.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs