Minggu, 28 April 2024

Fasum di Surabaya Belum Mendukung Tunanetra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelajar tunanetra ini berharap fasum dapat juga mereka nikmati. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Di sepanjang pedestrian di sejumlah ruas jalan di kota Surabaya, utamanya di kawasan jalan-jalan protokol yang ada ternyata masih belum mendukung mobilitas penyandang cacat netra untuk melakukan aktivitasnya. Fasilitas itu sangat minim untuk para tunanetra.

“Coba kalau kita berjalan di pedestrian, memang sudah sangat bagus. Sangat rata, tetapi pada bagian-bagian tertenu yang seharusnya dipergunakan tunanetra ternyata sangat minim. Ini seharusnya dibenahi agar kami juga dapat menggunakan fasilitas yang dibuat oleh pemerintah kota,” tegas Tutus Setyawan tunanetra pengajar SMP LB YPAB Surabaya.

Tutus menegaskan bahwa jalur yang dikhususkan tunanetra, yang ditandai dengan bulatan-bulatan menonjol disi dalam pedestrian, masih belum sesuai dengan standar, sehingga tidak terasa bedanya dengan posisi pedestrian. “Padahal bagi tunanetra, perbedaan bentuk atau struktur bangunan atau bidang itu bisa dijadikan pengingat,” kata Tutus.

Sehingga ketika tunanetra mencoba berjalan dipedestrian, maka harus ekstra waspada lantaran point pembeda tidak dibuat lebih tinggi, serta luas lajurnya tidak sesuai standar. Tentunya hal itu sangat berisiko bagi tunanetra.

“Kami memang diberikan latihan untuk orientasi medan. Tetapi dengan menggunakan penanda dalam bentuk apapun. Bayangkan jika untuk berjalan di pedestrian saja, kami harus berhati-hati karena tidak tersedia jalur yang memadai. Belum lagi kendaraan yang tiba-tiba naik pedestrian,” tukas Tutus saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Kamis (8/10/2015).

Memperingati Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight day yang diperingati pada setiap Kamis kedua bulan Oktober, Tutus bersama sejumlah tunanetra lainnya berharap pemenuhan hak-hak bagi tunanetra bukan semata-mata digunakan untuk kampanye atau pembuktian bahwa pemerintah peduli. Tapi justru sebagai bentuk pemenuhan hak.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs