Jumat, 29 Maret 2024

Gelombang Panas Tak Akan Mengarah ke Indonesia

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Prof Thomas Djamaludin Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan gelombang panas yang sedang melanda sebagian wilayah India dan menewaskan banyak warganya tidak akan mengarah ke Indonesia.

“Indonesia masih aman, gelombang panas tersebut tidak akan mengarah ke Indonesia, karena dinamika atmosfer di sana dan di sini sudah berbeda,” kata Thomas di Jakarta, Senin (1/6/2015) seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan Lapan terus memantau cuaca dan suhu dengan penginderaan jarak jauh untuk mengantisipasi kemungkinan adanya potensi bencana.

Gelombang panas akibat tiupan angin kontinental kering yang melanda negara bagian Andhra Pradesh, Telangana dan Orissa di India telah menewaskan hingga 2.207 orang sampai Sabtu (30/5). Kebanyakan korban adalah para manula dan pekerja yang menderita karena dehidrasi.

Mei dan Juni adalah masa terpanas di India, dengan suhu bisa mencapai 40 derajat Celcius lebih. Namun ahli meteorologi mengatakan jumlah hari dengan suhu sekitar 45 derajat Celcius terus bertambah selama 15 tahun belakangan.(ant/dop/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs