Minggu, 19 Mei 2024

Gumpalan Putih Ubah Sungai Wonorejo Layaknya Tertutup Salju

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Busa mirip detergent penuhi Sungai Wonorejo. Foto Etty Soraya.

Sungai Jagir yang ada di kawasan Eco Wisata Mangrove Wonorejo, Sabtu (25/4/2015) pagi tiba-tiba tertutup gumpalan busa mirip detergent. Limbah berwarna putih ini menjadikan kawasan itu layaknya sebuah sungai yang tertutup gumpalan salju, putih dan menggumpal. Bahkan Seluruh badan sungai penuh dengan gumpalan putih sehingga airnya nyaris tak terlihat.

Etty Soraya, warga Surabaya yang kebetulan sedang melaksanakan peringatan hari bumi dengan menanam mangrove di kawasan itu menuturkan, gelontoran mirip detergent muncul tiba-tiba sekitar pukul 8.00 WIB. “Kami kebetulan bersepeda di kawasan itu dan detergent datang banyak sekali hingga air sungai tertutupi semua,” kata Etty, pada suarasurabaya.net.

Menurut dia, busa mirip detergent ini muncul dari pintu air yang ada di dekat sungai dan langsung menyebar dan menutup sungai mulai dari dermaga wisata wonorejo hingga ke pesisir selat Madura. Hingga siang hari, gumpalan putih itu menurut dia masih terus menutup kawasan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti sumber dari gelontoran busa mirip ditergent yang menutup sungai yang adai Wonorejo tersebut. (fik)

Teks Foto :
-Tumpukan gumpalan putih di Wonorejo.
Foto : Etty Soraya

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs