Sabtu, 4 Mei 2024

Indonesia Bisa Mensponsori Konferensi Internasional Bahas Rohingya

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Yusril Ihza Mahendra Ketua Umum Partai Bulan Bintang menegaskan, Indonesia dapat mensponsori konferensi internasional masalah Rohingya untuk mencari solusi atasi masalah ini.

“Tragedi kemanusiaan terhadap etnik Rohingya bukan saja harus difokuskan pada penanganan pengungsi, tapi juga langkah politis dan diplomatis bersama untuk memberikan tekanan kepada Myanmar agar menyelesaikan problem domestik mereka,” ujar Yusril dalam pesan singkatnya, Sabtu (23/5/2015).

Meurutnya, masyarakat maupun Pemerintah Myanmar memang cenderung diskriminatif terhadap etnis minoritas baik Rohingya (Muslim) maupun Karen (Katolik)

Sikap diskriminatif seperti itu, lanjutnya, tidak sejalan dengan prinsip kemanusiaan dan pengakuan keragaman di dunia modern. Namun sejak 3 dekade terakhir, Pemerintah militer Myanmar melakukan pembiaran terhadap tindak kekerasan etnik di negara itu.

Yusril menjelaskan, langkah diplomatik, politis dan ekonomis perlu segera diambil baik oleh Asean maupun dunia internasional untuk menekan Myanmar

Konferensi tersebut juga akan menjadi tekanan politis yang kuat terhadap pemerintah Myanmar untuk menyelesaikan masalah domestik etnik Rohingya

“Indonesia paling tidak dalaam waktu dekat dapat mengambil inisiatif mengundang pertemuan khusus Asean membahas masalah pengungsi rohingya,” paparnya.

Kata Yusril, dalam pertemuan tersebut dibahas langkah-langkah untuk memperluas peserta pembahasan sehingga menjadi konferensi internasional membahas masalah Rohingya.(faz/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs