Jumat, 19 April 2024

Ini yang Perlu Diperhatikan di PPDB 2015

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015 segera dimulai. Siswa maupun orang tua diharapkan benar-benar memperhatikan beberapa hal agar tidak sampai keliru memilih sekolah.

“Jadwal. Mengetahui secara lengkap tentang jadwal pelaksanaan PPDB 2015 ini menjadi sangat penting bagi siapapun, termasuk calon peserta didik baru maupun orang tua. Itu dikarenakan agar tidak salah memilih sekolah,” kata Dr. Ikhsan S.PSi, M.M Kepala Dinas Pendidikan Surabaya.

Mulai dari jadwal pendaftaran, sampai dengan jadwal pengumuman bahkan bila perlu jadwal daftar ulang, wajib diketahui oleh peserta didik baru maupun orang tua yang akan memasukkan sekolah.

Sebaiknya memilih sekolah yang tidak jauh dari rumah, kata Ikhsan seharusnya juga dijadikan pertimbangan bagi calon peserta didik baru ketika memilih sekolah yang akan dituju. Karena hal ini menyangkut banyak hal.

“Kita bisa bayangkan kalau tempat tinggal calon peserta didik baru di Kenjeran, kemudian memilih sekolah di daerah Benowo, Tandes. Ini bukan semata jarak yang jauh. Ongkos perjalanan ke sekolah cukup besar. Belum lagi kondisi fisik peserta didik dalam menempuh perjalanan itu,” kata Ikhsan pada suarasurabaya.net, Selasa (23/6/2015).

Untuk itu, orang tua dan calon peserta didik baru diharapkan juga mempertimbangkan jarak sekolah dengan jarak rumah masing-masing. “Peserta didik yang nanti jadi korban. Ongkos, kecapekan bisa berpengaru pada mental mereka,” tambah Ikhsan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pendampingan masing-masing orang tua pada calon peserta didik baru, mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman. “Bahkan bila perlu sampai putra-putri mereka melakukan daftar ulang, orang tua seharusnya mendampingi,” papar Ikhsan.

Jangan sampai karena calon peserta didik baru salah pilih, kemudian orang tua menyalahkan kekeliruan itu. “Padahal saat pendaftaran calon peserta didik baru, justru didampingi sopir. Ini jangan sampai terjadi,” pungkas Ikhsan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs