Kamis, 25 April 2024

Jadwal Penerbangan Garuda Masih Kacau, Penumpang Menumpuk

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ribuan calon penumpang tertahan di Terminal 2 menyusul terbakarnya Gate 3 keberangkatan Luar Negeri di Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (5/7/2015). Foto: Antara

Jadwal penerbangan Garuda di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, masih banyak yang kacau. Akibatnya, banyak penumpang menumpuk di ruang pemberangkatan, bahkan tidak sedikit yang marah.

Sebelumnya terjadi kebakaran terjadi di JW Sky Lounge, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu pagi. Akibatnya banyak penerbangan Garuda dan internasional yang ditunda.

Berdasarkan pantauan Antara, suasana ruang check in sangat ramai. Antrian panjang terjadi di setiap meja check in pada Senin (6/7/2015) pagi. Sementara itu di ruang tunggu pemberangkatan juga sangat padat. Banyak penumpang yang harus berdiri atau duduk di lantai sambil menunggu keberangkatan.

Di ruang keberangkatan, banyak calon penumpang yang berkumpul di meja petugas Garuda yang terletak sebelum memasuki ruang keberangkatan seperti yang terjadi ruang keberangkatan F3, F4 dan F5. Penumpang bertanya terutama kepastian jadwal keberangkatan. Bahkan tidak sedikit yang marah-marah karena sudah sejak dari Minggu (5/7/2015) tidak ada penjelasan yang pasti.

Perpindahan ruang keberangkatan juga terjadi. Sebagai contoh, pesawat jurusan Balikpapan dengan nomor penerbangan GA570 tertera di layar pengumuman akan diberangkatkan dari pintu F3. Namun di depan pintu tidak tertera jadwal penerbangan tersebut. Saat ditanya petugas, disebutkan bahwa keberangkatan dari pintu F4.

Namun ternyata keberangkatan pesawat tersebut ternyata diubah lagi menjadi dari pintu F5.

Sementara itu seorang penumpang belum mendapatkan kepastian keberangkatan. “Saya seharusnya berangkat kemarin sore (Minggu sore), namun sampai sekarang belum berangkat,” kata Hendra, penumpang tujuan Semarang, Senin pagi.

Semula Hendra dijadwalkan kembali berangkat Senin, pukul 09.50 WIB, namun ditunda pukul 10.20 WIB. Hingga pukul 10.20 WIBbelum ada tanda-tanda ia bisa berangkat.

Hendra mengatakan selama menunggu ia mendapat kompensasi makanan ringan saat berbuka namun tidak diambilnya karena terjadi rebutan antar penumpang. Ia juga terpaksa menginap di mushola bandara.

Seorang penumpang jurusan Pekabaru, Sarli, juga mengalami penundaan. Sebenarnya ia berangkat Minggu sore namun dijadwal ulang berangkat Senin pagi pukul 09.30 WIB. Namun sekitar pukul 10.20 WIB, diumumkan bahwa pesawat GA 174 yang ditumpangin ditunda keberangkatannya hingga pukul 13.05 WIB karena alasan operasional.

Beberapa kali petugas juga mengumumkan penundaan keberangkatan pesawat lainnya.(ant/iss/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs