Jumat, 29 Maret 2024

Jaga Kedaulatan, Indonesia dan Australia Latihan Bersama di New Horizon 2015

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyematan tanda latihan bersama New Horizon 2015. Foto: Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Wakil Asisten Operasi Kasal Laksamana Pertama TNI I G. Putu W., mewakili Asops Kasal Laksamana Muda TNI Ari Soedewo, S.E., H.H. membuka secara resmi Latihan Bersama New Horizon 2015 di Gedung Candrasa Mako Koarmatim Ujung, Surabaya.

Pembukaan latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy (RAN) ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan oleh Waasops Kasal yang didampingi Atase Pertahanan Australia di Jakarta Capt. (N) Nick Hart, setelah sebelumnya dilaksanakan laporan kesiapan oleh Komandan Satgas Latma New Horizon 2015 Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P. yang sehari-hari menjabat Komandan KRI Usman Harun-359 yang merupakan unsur pelaku latihan.

Latihan Bersama antara dua angkatan laut negara yang bertetangga tersebut memiliki makna penting, tidak hanya bertujuan meningkatkan profesionalisme untuk kedua angkatan laut, tapi juga untuk meningkatkan hubungan bilateral dan memperkuat kerjasama antara TNI AL dan RAN.

Tujuan lain yang ingin dicapai dari latihan bersama tersebut adalah meningkatnya hubungan dan pemahaman melalui pelatihan di pangkalan dan interaksi sosial, meningkatnya kemampuan tempur, saling pengertian dan kerjasama melalui program latihan terstruktur di pangalan serta meningkatknya kemampuan dalam keterampilan kepelautan, keterampilan perang, standart profesional, keamanan dan komunikasi.

Dengan dilaksanakannya latihan bersama, diharapkan dapat melatih kemampuan dan keahlian personel kedua angkatan laut serta meningkatnya rasa persaudaraan sehingga bisa bersama-sama menjaga stabilitas keamanan kawasan maritim antar kedua negara.

Asops Kasal dalam amanat yang dibacakan Waasops mengatakan, Latihan Bersama (Latma) New Horizon dilaksanakan sejak tahun 1990 dan dilakukan setiap dua tahun. Pada tahun 2015, Latihan Bersama New Horizon dijadwalkan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: harbour phase, sea phase dan post exercise phase.

Pada sea phase, akan dilaksanakan beberapa serial latihan, diantaranya peperangan bahaya umum, peperangan anti udara, peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti kapal selam, manuver taktis dan latihan penembakan.

Pembukaan Latihan Bersama New Horizon 2015, dihadiri Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, para Komandan KRI jajaran Koarmatim yang berada di Pangkalan Surabaya serta para pelaku latihan dari TNI AL dan RAN.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs