Kamis, 25 April 2024

Jelang MEA, Guru Harus Jadi Kolega Setara Siswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Iksan kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyampaikan materinya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, peran guru dituntut tidak sekedar menjadi pengajar. Lebih dari itu, guru harus mampu menjadi kolega setara siswanya.

“Agar siswa menjadi lebih nyaman ketika harus berinteraksi dengan guru. Sehingga siswa merasa punya tempat untuk curhat. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Ki Hajar Dewantara bukan?” terang Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., M.T.

Ki Hajar Dewantara kata Frikson mengajarkan Tut Wuri Handayani, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, yang tidak hanya mengajak siswa untuk belajar, tetapi juga menuntut guru bisa menjadi partner bagi siswanya untuk berkembang dan maju.

Tidak hanya itu, proses pembelajaran yang menyenangkan menurut Frikson juga menjadi bagian penting agar siswa dan guru saling berinteraksi untuk membuat solusi-solusi bermanfaat.

“Pembelajaran yang menyenangkan merupakan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dengan memanfaatkan potensi diri secara optimal. Ini memerlukan peran guru, peserta didik, dan dukungan suasana pembelajaran yang efektif,” pungkas Frikson.

Sementara itu, ditambahkan Dr. Ikhsan, S.Psi., M.M., Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, bahwa pihaknya telah menggelar berbagai program untuk siswa maupun guru terkait dengan MEA 2015.

“Saat ini Pemerintah Kota Surabaya membuat banyak program untuk kemajuan pendidikan di Surabaya. Program-program ini juga melibatkan siswa, juga untuk para guru dan pengajar dalam rangka menyambut MEA 2015,” ujar Iksan.

Untuk itu, lanjut Iksan pihaknya mewajibkan guru mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya agar mampu menjadi rekan setara siswa menghadapi MEA 2015.

Jumat (18/9/2015), Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar seminar bertema Peran Sekolah (SMA/SMK) dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Menghadirkan pembicara, Dr. Ikhsan, S.Psi., M.M. (Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya) dan Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., M.T. (Dosen Fakultas Psikologi Ubaya).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs