Rabu, 24 April 2024

Jelang Operasi Lilin, Polisi Gelar Operasi Gabungan di Terminal

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Sopir bus di Terminal Purabaya melakukan tes kesehatan. Foto : Iptu Meita Anisa Saputra KBO Satlantas Polres Sidoarjo.

Dinas Perhubungan Sidoarjo, BNN Sidoarjo, Dinas Kesehatan Sidoarjo dan Satlantas Polres Sidoarjo, melakukan operasi gabungan di Terminal Purabaya, Selasa (22/12/2015). Sasarannya adalah angkutan bus dan pengemudi bus, baik Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Iptu Meita Anisa Saputra Kepala Bagian dan Operasional (KBO) Satlantas Polres Sidoarjo mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu sebagai bentuk jelang Operasi Lilin Semeru 2015, musim liburan dan angkutan natal 2015 juga tahun 2016.

“Semua angkutan bus baik itu dalam provinsi (AKDP, red) maupun keluar provinsi (AKAP, red) diperiksa uji kelayakan angkutannya,” kata Iptu Meita Anisa Saputra, kepada suarasurabaya.net, Selasa (22/12/2015).

Dia menjelaskan, pemeriksaan angkutan itu dilakukan mulai dari standart bus, apakah ada alat pemecah kaca (palu, red), tabung hydrant kecil, dan kotak obat, yang merupakan sesuai dengan standar bus. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan sejumlah surat kendaraan.

“Banyak ditemukan angkutan bus tidak layak uji jalan. Seperti, kaca spion pecah, kaca depan bus retak, dan roda ban. Maka ditindak, dan yang melakukan dari dinas perhubungan. Kami dari kepolisian sifatnya hanya sosialisai dulu, kalah di jalan baru ditindak,” ujarnya.

Menurut dia pemeriksaan itu untuk kepentingan sopir dan penumpang. Jangan sampai saat mengemudi kondisinya tidak sehat.

“Jangan sampai saat mengemudi dengan membawa banyak penumpang maupun tidak, sopir itu kondisinya tidak sehat. Ataupun terbawa minuman keras, karena itu merupakan awal dari terjadi kecelakaan,” kata Meita.

Selain tes kesehatan dan pemeriksaan uji kelayakan angkutan. Semua sopir bus di Terminal Purabaya juga dilakukan tes urine, yang dilakukan oleh BNN Sidoarjo.

“Semua sopir yang di Terminal Purabaya ini diambil urine nya untuk dilakukan uji lab. Jika nanti terbukti, baru dilakukan penindakan,” kata AKBP Supriyanto Kepala BNN Sidoarjo.

Sementara May Ronald Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah Terminal Purabaya mengaku, kegiatan yang dilakukan itu sangat bagus dan baik.

“Sangat bagus dan itu untuk kepentingan bersama, baik itu sopir dan penumpang,” kata May Ronald Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah Terminal Purabaya. (bry/iss/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs