Senin, 17 Juni 2024

Jokowi Kecewa Penyerapan Anggaran Lemah

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Joko Widodo Presiden RI, mengingat para menterinya agar berkonsentrasi dan fokus pada tugas masing-masing.

Dalam pidato pengantar Rapat Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Rabu (19/8/2015) presiden menyatakan kekecewaannya soal penyerapan anggaran.

Sampai pertengahan Agustus ini, penyerapan anggaran untuk biaya modal baru mencapai 20 persen.

“Sekali lagi saya tekankan, soal penyerapan anggaran, terutama untuk belanja modal masih kecil sekali. Masih 20 persen. Ini sudah pertengahan Agustus masih 20 persen,” kata presiden.

“Hati-hati jangan kemana-mana dulu, urus yang namanya penyerapan. Ini sudah saya sampaikan Januari karena berkaitan pertumbuhan ekonomi. Jadi sekali lagi konsen pada penyerapan anggaran, duitnya ada,” tegasnya.

Pada bagian yang lain, presiden mengingatkan para menteri agar memahami Nawacita.

Jangan sampai ada yang tidak tahu mengenai itu. Baik soal pertumbuhan ekonomi yang tinggi, pengurangan tingkat pengangguran, menurunkan ketimpangan ekonomi yang kaya dengan yang miskin antar wilayah, kemudian yang berkaitan dengan kesehatan rakyat, ekonomi rakyat dan memperbaiki kemandirian ekonomi,” kata presiden.

“Tentu saja bahwa kinerja pemerintah ini diukur kemampuan kita dalam mencapai target-target pembangunan yang tadi saya sampaikan,” ungkap Presiden Jokowi.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
25o
Kurs