Jumat, 17 Mei 2024

Jokowi Melarang Upacara Peletakan Batu Pertama Ditradisikan

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Iriana Ibu Negara, dan Gubernur Sulsel saat peletakan batu pertama pembangunan waduk di Sidrap, Rabu (5/11/2014). Foto: setkab

Jokowi Presiden menegaskan sekarang tidak mau lagi melakukan ground breaking pada proyek infrastruktur yang bersifat seremonial.

Presiden baru mau datang kalau proyek itu sudah terlihat hasilnya. Kalau proyek jalan harus sudah ada hasil dua atau tiga kilometer. “Demikian pula dengan proyek pelabuhan dan pembangkit tenaga listrik,” kata presiden pada pengantar rapat terbatas percepatan pembangunan infrastruktur, di kantor presiden, Selasa (26/5/2015).

Belajar dari pengalaman beberapa proyek yang terhenti dan tidak ada tindak lanjutannya, setelah upacara peletakan batu pertama. Presiden mengambil contoh proyek monorel dan MRT, sudah bertahun-tahun tapi tak kunjung selesai,

“Antara lain masalah pembebasan lahan, pendanaan, Amdal dan alasan alasan yang lain. Kalau permasalahannya sudah selesai, proyeknya langsung dikerjakan, tidak perlu seremoni-seremonialan,” kata presiden.

Terakhir, Jokowi melakukan ground breaking pembangunan gedung kembar Indonesia Satu, di Jalan Thamrin, Minggu (24/5/2015). Gedung ini berketinggian sekitar 308 meter masing-masing terdiri dari 58 dan 59 lantai.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs