Kamis, 2 Mei 2024

KNKT Kumpulkan Data dan Bukti Karamnya KM Wihan Sejahtera

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kapten Aldrin Dalimunte, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT memyatakan masih belum bisa mengambil kesimpulan penyebab tenggelamnya KM Wihan Sejahtera. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mengumpulkan data dan bukti-bukti tenggelamnya KM Wihan Sejahtera hingga Selasa (17/11/2015) sore.

Selanjutnya, data dan bukti tersebut akan menjadi bahan analisa penyebab karamnya KM Wihan Sejahtera.

Kapten Aldrin Dalimunte, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT mengatakan, dia telah dua tim untuk tugas masing-masing.

“Satu untuk olah TKP, lainnya untuk mewawancarai kru dan nakhoda,” kata Aldrin kepada wartawan di Kantor Syahbandar Tanjung Perak.

Aldrin mengatakan, seluruh data dan bukti akan dikumpulkan. Salah satunya adalah buku jurnal kapal (log book) yang mencatat setiap aktivitas kapal baik manual maupun elektronik.

“Akan kita kumpulkan semua bukti. Akan kita cari,” katanya.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk penyelidikan ini, menurutnya bisa antara 3-4 bulan. Apalagi karena kondisi kapal yang sudah tenggelam dan terbalik.

“Kita butuh waktu untuk menyelam lebih dalam, untuk olah TKP di dalam air,” ujarnya.

Adapun hasil penyelidikan KNKT ini nantinya akan menjadi acuan untuk departemen atau instansi terkait, agar menerbitkan peraturan-peraturan baru.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs