Minggu, 23 Januari 2022

KSAL Belanda Ziarah ke Makam Kembang Kuning

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Generaal Verkerk Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Belanda saat memberi penghormatan kepada jasad Angkatan Laut Belanda yang gugur dalam perang pada 27 Februari 1942 di Laut Jawa. Foto: dok. Penerangan Lantamal V

Generaal Verkerk Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Belanda berziarah ke Makam Kehormatan Belanda yang terletak di Jl Kembang Kuning Surabaya, Jumat (18/9/2015).

Jenderal bintang empat itu menyempatkan berkunjung ke makam yang memiliki nama lain Ereveld Kembang Kuning, usai mengikuti International Maritime Security Symposium (IMSS) di Jakarta.

Kedatangan Generaal Verkerk disambut hangat oleh Robert Van de Right Direktur Oorlogsgravenstichting Indonesia atau Yayasan Makam Kehormatan Belanda di Indonesia, yang didampingi RM Soekarjono Kepala Pengawas Makam dan beberapa petugas makam.

Robert Van de Right mengatakan, bahwa ada sekitar tujuh makam Belanda atau Ereveld di seluruh Indonesia, yang dikelola oleh yayasan yang dipimpinnya saat ini. Diantaranya, dua ereveld di Jakarta yakni di Menteng Pulo dan Ancol, kemudian dua di Semarang yakni Kalibanteng dan Candi, serta sisanya berada di Leuwigajah Cimahi, dan ereveld Pandu di Bandung.

“Ereveld Kembang Kuning juga disebut Ereveld Angkatan Laut. Sebab, seluruh jasad yang dimakamkan adalah para personil Angkatan Laut Belanda maupun Marinir Belanda, yang gugur saat terjadi perang pada tanggal 27 Februari 1942 di Laut Jawa,” ujarnya dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Menurut Robert Van de Right, selain jasad mereka yang dimakamkan di Makam Kehormatan Belanda ini, untuk mengenang mereka, maka pihaknya juga membangun sebuah Monumen yang diberi nama Karel Doorman.
“Selain itu, di sini juga dimakamkan para wanita dan anak-anak yang wafat di Kamp perang milik tentara Jepang,” katanya.

Sementara itu, usai menyimak keterangan dari pimpinan yayasan mengenai sejarah singkat Ereveld Kembang Kuning, General Verkerk beserta rombongan segera menuju makam untuk meletakan karangan bunga pada salah satu makam, dan melakukan penghormatan terakhir disertai penaburan bunga yang diikuti peserta lainnya.

Kunjungan orang nomor satu di Angkatan Laut Belanda ke Makam Kembang Kuning, merupakan salah satu rangkaian kegiatan usai mengikuti pelaksanaan International Maritime Security Symposium (IMSS) yang digagas oleh TNI AL, dan dihelat selama tiga hari di di Hotel Borobudur Jakarta.(bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Minggu, 23 Januari 2022
32o
Kurs