Jumat, 3 Mei 2024
Pada 2015

Kemendes Targetkan 500 Ribu Transmigran di Daerah Perbatasan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
141 transmigran asal Jawa Barat dan Jawa Timur sebelum berangkat ke Poso, Sulawesi Tengah. Mendes PDT dan Transmigrasi menargetkan 500 ribu transmigran di daerah perbatasan pada 2015. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT dan Transmigrasi) menargetkan 500 ribu jiwa transmigran di daerah perbatasan Indonesia.

Marwan Jafar Mendes PDT dan Transmigrasi mengatakan tahun ini Kemendes menerapkan target itu untuk daerah perbatasan seluruh Kalimantan.

“Ini kan supaya sekalian membantu perbatasan yang telah kita bangun secara komprehensif,” ujarnya kepada wartawan di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (21/8/2015).

Program transmigrasi, kata Marwan, akan dilakukan sehingga nantinya berhasil mencapai target yang lebih besar lagi.

”Bergantung anggaran yang diberikan kepada kementerian,” ujarnya.

Marwan Jafar memberangkatkan 114 orang transmigran asal Jawa Barat dan Jawa Timur ke Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Yaitu 56 jiwa dari Jabar dan 58 orang dari Jatim.

Para transmigran ini nantinya akan bekerja di kawasan perkebunan. Mereka yang terdiri dari 30 kepala keluarga mendapatkan fasilitas rumah, jaminan hidup, dan bahan-bahan pokok.

Ditanya mengenai Poso yang pernah menjadi daerah konflik, Marwan mengatakan bahwa di kawasan tersebut telah berjalan program pemerintah dalam bidang perkebunan dan sangat aman. (den/ipg)

Teks Foto:
1. Marwan Jafar Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi, bersama Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim membunyikan sirine pemberangkatan transmigran.
2. Marwan Jafar mengantar para transmigran hingga ke dalam Kapal.
Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs