Rabu, 15 Mei 2024

Kesadaran Lingkungan Masyarakat Sidoarjo Kurang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sungai di Dusun Beciro, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, yang penuh sampah. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Hasil observasi Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo menyatakan, kepedulian masyarakat terhadap lingkungan masih kurang. Masih banyak warga yang terbiasa membuang sampah di sudut jalan atau sungai.

Endang Budiarti, Kepala Bidang Penanggulangan Dampak Lingkungan BLH Sidoarjo mengatakan, masih sering menemukan limbah rumah tangga yang dibuang di sudut-sudut kampung atau di sungai.

“Di Sungai Dusun Beciro, Jumputrejo, Sukodono itu yang cukup parah. Sampah menumpuk di situ. Juga di sungai simpang empat gedangan, dari sisi Jalan Raya Sedati,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (25/2/2015).

Endang mengatakan, kebiasaan itu lantaran kegiatan kebersihan di perkampungan memang ada yang belum jalan.

“Petugas kebersihannya jalan atau tidak saya tidak tahu, tapi saya ada tumpukan sampah di tempat yang tidak semestinya. Lalu orang yang lain ikut-ikutan membuang di situ,” katanya.

Terutama di kawasan Industri yang banyak rumah kos di sana. Mereka, kata Endang, dengan seenaknya membuang sampah di sungai.

“Memang diperlukan sinergi antara Dinas Pertamanan dan Kebersihan dan instansi lain seperti Dinas PU dan pengairan untuk mengatasi masalah ini. Kalau kami bisanya hanya koordinasi,” katanya.

Langkah yang bisa diambil oleh BLH adalah sosialisasi. Tujuannya untuk mengajak masyarakat lebih sadar akan lingkungan. (den/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
33o
Kurs