Minggu, 19 Mei 2024

Ki Enthus Susmono Ndalang di Launching Muktamar NU

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Gaya Enthus Susmono saat mendalang. Foto: ytimg.com

Tampil membawakan lakon Nurkala Kalidasa, Sabtu (14/3/2015) besok Ki Enthus Susmono dalang wayang kulit papan atas indonesia itu dijadwalkan semalam suntuk mendalang pada Launching Muktamar Nahdlatul Ulama ke 33.

Sengaja dipilih lakon Nurkala Kalidasa karena cerita itu menggambarkan sebuah perjuangan untuk mewujudkan perdamaian bagi dunia. Prabu Kresna dalam lakon itu meminta kepada Yudhistira untuk menenteramkan dunia dengan cara menemui Bathara Guru yang berada dikahyangan.

Permintaan yang sulit dan tidak mungkin dilakukan, karena tidak mudah untuk bisa menemui Bathara Guru. Yudistira lalu berubah menjadi raksasa dengan nama Nurkala Kalidasa. Kahyangan dan para dewa diobrak-abrik Nurkala Kalidasa.

Pada suatu waktu Yudistira yang menjelma menjadi Nurkala Kalidasa akhirnya bertemu Bathara Guru yang kemudian memerintahkan untuk mewujudkan perdamaian di dunia.

“Muktamar NU ke 33 digelar 1-5 Agustus 2015 mendatang. Dan Sabtu (14/3/2015) besok adalah launching Muktamar NU ke 33 itu. Kami berharap masyarakat hadir untuk menikmati dna menyaksikan penampilan Ki Enthus Susmono,” ujar Nonot S. Mono Ketua Lesbumi PW NU Jatim pada suarasurabaya.net, Jumat (13/3/2015).

Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dijadwalkan akan hadir menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang digelar di halaman parkir utara kantor PWNU Jatim Jl. Masjid Al Akbar, Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs