Minggu, 5 Mei 2024

Kongres Fatayat Diharapkan Mampu Meningkatkan Derajat Perempuan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Kongres XV Fatayat NU, resmi dibuka dan dihadiri aid Agil Siradj Ketua Umum PBNU KH Soekarwo Gubernur Jawa Timur, KH Mutawakil Allalah Ketua PWNU Jatim

Said Agil Siradj Ketua Umum PBNU membuka Kongres ke XV Fatayat NU di GOR Kertajaya, Sabtu (19/9/2015) siang. Kongres diikuti sekitar 1500 peserta, yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Pembukaan kongres juga dihadiri Soekarwo Gubernur Jawa Timur, KH Mutawakil Allalah Ketua PWNU Jawa Timur dan sejumlah anggota DPRD Jawa Timur dan DRP-RI.

Ida Fauziah Ketua Umum Pimpinan Pusat Fatayat NU mengatakan, Ketua Umum PBNU sengaja membuka kongres, untuk menggantikan Wakil Presiden yang tidak bisa hadir. “Beliau masih recovery kesehatan. Mari kita doakan bersama, semoga selalu diberi kesehatan selalu,” kata Ida Fauziah, Sabtu (19/9/2015).

Menurut dia, Kongres Fatayat ini mengambil tema Ikhtiar Perempuan NU untuk Indonesia berkeadilan. “Jadi dalam kongres ini mampu menjadikan perempuan yang berada dan sejajar dengan seorang lelaki,” ujar dia.

Secara terpisah Said Agil Siradj Ketua Umum PBNU menyampaikan, sesuai dengan temanya, kedepannya Fafatayat harus mempunyai peran penting, dan berada di garda depan.

“Perempuan itu bisa disetarakan sama dengan seorang laki-laki, dan bisa menjadi seorang pemimpin. Dan bisa melanjutkan keberlangsungan NU, Islam Aswaja, dan Islam Nusantara,” kata KH Said Agil Siradj

Sementara Kongres XV Fatayat NU sendiri digelar mulai dari 19-22 September 2015. Untuk rapat komisi dan seminar dilakukan di Asrama Haji Sukilo Surabaya. (bry/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs