Jumat, 17 Mei 2024

Konjen Jepang di Surabaya Segera Pindah Tugas ke Denpasar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Noboru Nomura Konjen Jepang di Surabaya (kanan) berjabat tangan dan berpelukan dengan Soekarwo Gubernur jatim (kiri) di acara perpisahannya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Noboru Nomura Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya segera pindah tugas ke Denpasar, Bali. Meski baru akan mulai berdinas sebagai Konjen Jepang di Denpasar mulai 23 Maret 2015, acara perpisahan digelar lebih awal di Hotel JW Marriot, Kamis (12/3/2015).

Dalam acara perpisahan tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat diantaranya Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Mayjend TNI Eko Wiratmoko Pangdam V Brawijaya, Saiful Illah Bupati Sidoarjo, dan sejumlah Konjen negara sahabat lainnya.

Noboru Nomura sendiri menjabat Konjen Jepang di Surabaya sejak 26 April 2012, yang sebelumnya menjabat Konjen Jepang di Makasar hampir 2,5 tahun. Sementara yang akan menggantikannya di Surabaya yaitu Yoshiharu Kato mulai awal April 2015. Yoshiharu Kato datang langsung dari Tokyo, namun pernah bertugas di Jakarta sebagai Kabag Penerangan Kedutaan Besar Jepang.

Dalam sambutannya, Konjen Jepang mengucapkan banyak terimakasih untuk warga Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya, serta Pemerintah Kota Surabaya maupun Provinsi Jatim atas kerjasamanya selama dirinya menjabat sebagai Konjen Jepang di Surabaya.

Noboru juga menjelaskan, tugas utama dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya adalah untuk melindungi warga Jepang yang berada di Indonesia, khusunya wilayah kerja Konjen Jepang yang telah ditetapkan.

“Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya menanggani 3 propinsi dari 33 propinsi yang ada di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur,” kata Noboru Nomura, Kamis (12/3/2015) di hadapan para tamu undangan.

Selama bertugas di Surabaya, kata dia, pihak Konsulat Jenderal Jepang berusaha berusaha membagi informasi yang bermanfaat bagi warga Jepang, serta lebih memperdalam hubungan anatara Jepang dan Indonesia yang telah dibina baik selama ini.

“Semoga kerjasama yang telah terbina dengan baik ini, akan terus meningkat,” kata dia.

Sementara itu, Soekarwo Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada Konjen Jepang di Surabaya atas kerjasama selama ini.

Dia berharap, hubungan kerjasama dengan Jepang tidak hanya di bidang dagang saja, tapi juga pendidikan, budaya, dan lainnya.

“Semoga hubungan kerjasama terus meningkat. Tidak hanya di satu lini saja, tapi kalau bisa di semua lini baik itu pendidikan, budaya, atau yang lainnya,” kata Soekarwo.

Gubernur juga berpesan kepada Noboru Nomura, saat sudah berdinas di Denpasar, Bali, tidak melupakan Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya. (wak/rst)

Teks Foto:
– Noboru Nomura Konjen Jepang di Surabaya saat menyampaikan sambutan acara Perpisahan di Hotel JW Marriot sebelum bertugas di Denpasar.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs