Kamis, 20 Juni 2024

Konsep Bocah, Budaya dan Religi di Mata Jansen Jasien

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat JJ menjelaskan karyanya pada penikmat lukisan. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Jansen Jasien (JJ) siapkan 200 lebih karya lukis berkonsep Bocah, Budaya serta Religi untuk mendukung rencana pameran tunggal di Kampung Kidz, Batu, Malang, pada 20 Desember 2015 mendatang.

“Tiga hal yang menjadi konsep dalam karya-karya yang akan tampil nanti merupakan sebuah proses perjalanan hidup. Tiga hal itu saling berkaitan dan saling berhubungan,” kata Jansen Jasien, Sabtu (21/11/2015).

Bocah menurut JJ adalah masa yang selalu dilewati manusia. Anak-anak atau bocah punya keunikannya yang berbeda-beda pada setiap manusia. Termasuk apa saja yang mengelilinginya juga berbeda.

Aneka mainan dari para bocah dari masa ke masa juga punya perbedaan serta karakteristiknya sendiri-sendiri. “Bisa jadi, apa yang kita semua mainkan di masa kanak-kanak itu menjadi terwujud saat ini,” lanjut JJ.

Misalnya, ketika anak-anak memilih bermain gerabah atau rumah-rumahan, bisa jadi itulah pengalaman awal ketika di masa dewasa kemudian menjadi para pengusaha properti atau perumahan. “Memang tidak bisa disimpulkan sesederhana itu. Tapi itu menarik,” lanjut JJ.

Sedangkan Budaya menurut JJ adalah sesuatu yang adiluhung dan perlu dilestarikan keberadaannya. Dan Religi di dalam konsep JJ adalah permenungan atas 5 agama di negeri ini.

“Setiap doa dan keinginan manusia selalu ditutup dengan doa dan harapan agar doa itu terkabul. Oleh karena itu, konsep Religi yang muncul adalah keberadaan 5 agama di negeri ini. Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha,” kata JJ.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
30o
Kurs