Sabtu, 27 April 2024

Kurangi Konsumsi BBM, PGN Operasikan SPBG di Surabaya

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Seorang petugas melakukan pengisian bahan bakar gas (BBG), di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Jl. Ratna, Ngagel, Surabaya milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN).Foto: Wakhid suarasurabaya.net

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mulai mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) pertama miliknya di Surabaya, sebagai upaya mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) transportasi.

Danny Praditya Direktur Utama PT Gagas Energi Indonesia mengatakan, keberadaan SPBG di Surabaya ini akan mendukung konversi BBM kendaraan ke gas bumi yang lebih ekonomis, aman dan ramah lingkungan. PT Gagas Energi Indonesia merupakan anak perusahaan PGN yang menjalankan bisnis infrastruktur gas bumi untuk transpotasi (SPBG dan MRU).

“Keberadaan SPBG di Jalan Ratna, Ngagel, Surabaya ini merupakan komitmen PGN untuk mendukung program pemerintah dalam konversi BBM ke BBG,” kata Danny Praditya kepda wartawan, Senin (9/3/2015).

Dia menambahkan, pihaknya membangun infrastruktur pengisian BBG di SPBG di Ngagel Surabaya dengan kapasitas 0,5-1 MMSCFD atau 15.000-30.000 liter setara premium (lsp) per hari, dibandrol dengan harga Rp4500 per lsp.

“Setelah di jakarta, Bekasi, dan Bogor, PGN membangun SPBG di Surabaya. Selain SPBG juga akan mulai di operasikan Mobile Refueling Unit (MRU). Kami masih berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk mendapatkan lokasi yang pas untuk MRU PGN ini,” ujarnya.

Danny juga mengatakan, untuk memperkenalkan penggunaan BBG di kendaraan, PGN telah menghibahkan 25 unit Konverter kit (alat konversi BBM ke BBG-red) untuk kendaraan milik Pemkot Surabaya. Ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman serta dukungan pemerintah daerah terhadap pemanfaatan energi ramah lingkungan.

“PGN juga akan memberikan insentif gratis pemasangan Konverter Kit kepada 50 angkutan di Kota Surabaya dengan sistem kerjasama branding,” kata dia.

Sementara itu, Wahyudi Anas General manager PGN SBU Distribusi Wilayah II mengatakan, selama pihaknya secara konsisten menggunakan BBG di 100 unit kendaraan operasional. Dalam praktiknya, mampu menghemat biaya penggunaan energi sebesar 44 persen dibandingkan menggunakan BBM.

“Komitmen ini juga merupakan bentuk dukungan PGN untuk membantu pemerintah mengurangi ketergantungan pada impor BBM,” kata Wahyudi.

Dia menambakan, hingga saat ini PGN telah membangun lima SPBG yaitu di Bekasi, Jakarta, Bogor, Cilegon, dan Surabaya. Rencananya pada tahun ini PGN akan membangun 16 SPBG di Sukabumi, Jakarta, Bekasi, Bogor, Batam, Lampung, Surabaya dan Riau. (wak/dwi)

Teks Foto:
– Seorang petugas melakukan pengisian bahan bakar gas (BBG), di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Jl. Ratna, Ngagel, Surabaya milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN).
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs