Rabu, 22 Mei 2024

Latgab Bersama Royal Thai Marine Corps, Wujudkan World Class Navy

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Latihan bersama Korps Marinir bersama Marinir Thailand. Foto: Dispen Kormar.

Latihan Sea Garuda 18 AB-15 tahun 2015 yang berlangsung 1 hingg 9 Juni 2015 di Thailand, merupakan salah satu langkah implementasi World Class Navy.

Namun pada latihan kali ini ada yang berbeda, yang biasanya latihan hanya melibatkan unsur-unsur Armada yaitu KRI dan Pesawat Udara, tetapi juga melibatkan delegasi dari Korps Marinir.

Delegasi Korps Marinir dibawah pimpinan Letkol Mar Raja Erjan Girsang selaku Ketua Delegasi, dengan anggota Mayor Marinir Rana Karyana, Kapten Marinir Mat Kholis, Kapten Marinir Tirta Ferdiansyah dan Kapten Marinir Dani Widyanta.

Delegasi Korps Marinir tersebut membawa misi diplomasi dan juga sebagai langkah awal penjajakan Latihan Bersama Bilateral antara Kormar dan RTMC (Royal Thai Marine Corps) sebagai bagian dari Latma Sea Garuda maupun kemungkinan serial Latma tersendiri di masa yang akan datang.

Delegasi berangkat dari Jakarta pada tanggal 29 Mei 2015 dari Lanudal Pondok Cabe dengan menggunakan Pesawat TNI-AL CN 235 yang menjadi bagian dari skenario latihan Sea Garuda 18 AB-15.

Pesawat mendarat di Bandara Utapao Thailad pada tanggal 1 Juni 2015 dan disambut perwakilan dari delegasi RTMC Major Freid selanjutnya menuju ke RTMC Base di Satahip, Conburry Thailand tempat pelaksanaan kegiatan latihan.

Kegiatan delegasi Korps Marinir diawali dengan upacara pembukaan latihan pada tanggal 2 Juni 2015 bertempat Sattahip Naval Base-Chuksamet Port (Pangkalan Armada Laut Thailand).

Upacara pembukaan yang diikuti oleh prajurit KRI Usman Harun, KRI Sultan Hasanudin, Kru Pesawat CN 235, perwakilan Prajurit Royal Thai Navy dan Royal Thai Marines Corps tersebut juga dihadiri Panglima Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto dan Comander of Freegate Skuadron Royal Thai Fleet RADM Sanon Pha-Am.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
25o
Kurs