Kamis, 9 Mei 2024

Libur Lebaran Usai, Pantauan Jalan Lewat CCTV Tetap Dilakukan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas melakukan pemantauan jalan melalui CCTV di JTC Dishub Jatim. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meski libur Lebaran 2015 berakhir hari Selasa (21/7/2015) ini, tetapi pantauan arus lalu lintas dan kepadatan dijalan melalui CCTV tetap dilakukan di Jatim Transportation Centre Dishub Jawa Timur.

Sederet layar monitor yang menampilkan gambaran berbagai sudut perempatan serta jalanan diwilayah Jawa Timur, dipantau terus menerus oleh sejumlah petugas.

Suara orang berkomunikasi melalui handie talkie juga menghiasi ruangan khusus yang memang digunakan untuk melakukan pemantauan aktivitas jalan raya tersebut.

Sekurangnya 202 unit closed circuit television (CCTV) milik Polri dan Dishub Jatim yang tersebar diwilayah Jawa Timur itu selama 24 jam dipelototi para petugasnya.

“Setiap waktu, setiap perkembangan kami pantau dan laporkan. Bukan cuma waktu terjadi kepadatan, atau kemacetan saja. Saat jalanan lengang juga kami laporkan,” ujar Liliyati satu diantara petugas dikantor JTC Dishub Jatim.

Termasuk saat H-7 Lebaran berbarengan dengan arus mudik yang mulai berlangsung disejumlah akses jalan diwilayah Jawa Timur.

“Meskipun libur Lebaran sudah selesai, pemantauan melalui CCTV memang terus dilakukan. Termasuk perangkat pemantau untuk Kota Surabaya juga terus dioperasionalkan dan dimonitor,” terang Irvan Wahyudrajad Pjs. Kepala Dinas Perhubungan Surabaya pada suarasurabaya.net, Selasa (21/7/2015).

Untuk Kota Surabaya pantauan kepadatan jalan melalui CCTV dipusatkan di kantor Terminal Bratang, Surabaya. Bahkan dijadwalkan petugas bekerja selama 24 jam saat memasuki pelaksanaan angkutan Lebaran 2015.(tok/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs