Selasa, 7 Mei 2024

Lima Bandara Ditutup Akibat Debu Vulkanik Gunung Raung

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Sebanyak lima bandara ditutup akibat debu vulkanik letusan Gunung Raung sejak Kamis (9/7/2015) malam. Penutupan lima bandara ini juga akan diperpanjang hingga Jumat (10/7/2015) sore.

JA Barata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan mengatakan, sebanyak lima bandara itu yakni Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang Lombok, Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember.

“Penutupan bandara ini berdasarkan Notam atau Notice to Airmen yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Penyebabnya adanya debu vulkanik yang membahayakan bagi dunia penerbangan. Untuk kepentingan keselamatan makanya bandara tersebut kita tutup,” kata JA Barata pada Radio Suara Surabaya.

Dengan kondisi ini, lanjut dia, dunia penerbangan sudah maklum sekali karena debu vulkanik bisa mematikan mesin. “Notam penutupan bandara-bandara ini akan terus diperbaharui, menyesuaikan perkembangan penyebaran debu vulkanik Gunung Raung,” ujar dia.

Kata Barata, Bandara Ngurah Rai ditutup sampai Jumat (10/7/2015) pagi ini pukul 06.30 WITA. Penutupan Bandara Internasional Lombok sampai pukul 05.30 WITA, penutupan Bandara Selaparang Lombok sampai pukul 09.00 WITA, Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditutup sampai pukul 12.00 WIB dan penutupan Bandara Notohadinegoro Jember sampai pukul 08.00 WIB.

“Saya belum mencatat semua penerbangan yang batal atau ditunda. Tapi yang pasti kemarin itu ada 11 pesawat divert dan semua tujuan Denpasar dan ada tiga pesawat yang cancel,” katanya. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
33o
Kurs