Sabtu, 18 Mei 2024

Listrik Padam, Bahaya Laten UN Online

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa mempersiapkan diri menjelang UN. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pelaksanaan Ujian Nasional secara Online atau Computer Base Test (CBT) bakal menghadapi bahaya Laten yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaannya pada 13 April 2015 mendatang. Bahaya laten itu adalah listrik padam.

“Kalau setelah download, tiba-tiba listrik padam??? Atau pas tengah-tengah mengerjakan soal ujian tiba-tiba listrik padam?? Mestinya itu juga harus dipikirkan. Harusnya ada jaminan selama pelaksanaan ujian listrik tidak padam,” ujar Isa Anshori pemerhati pendidikan.

Menurut Isa, meskipun dianggap sepele, jaminan tidak akan padamnya listrik selama pelaksanaan ujian nasional dengan cara online melalui komputer atau laptop itu, semestinya juga diperhatikan.

Kalau sampai kemudian listrik padam pada saat pelaksanaan ujian nasional online tersebut berlangsung, maka dapat dipastikan yang akan jadi korban adalah para pesertanya. “Ini harus ditangani dan diantisipasi,” tegas Isa Anshori dari Hotline Pendidikan.

Sumlah siswa kelas XII yang Jumat (10/4/2015) ditemui suarasurabaya.net usai mengikuti kegiatan Istiqosah disekolahnya jelang UN 2015 membenarkan kekhawatiran munculnya pemadaman listrik saat ujian nasional berlangsung.

“Kalau tiba-tiba listrik padam saat mengerjakan soal ujian, memang belum ada solusinya sepertinya. Selama ini kita cuma try out mengerjakan soal-soal ujian. Tapi memang belum pernah dicoba, ditengah try out listriknya padam. Waduuuuhhh…,” ujar Budi Widodo satu diantara siswa.

Selama ini, menjelang pelaksanaan UN 2015, khususnya CBT di sejumlah sekolah di Surabaya, memang belum pernah dilakukan uji coba terkait dengan pemadaman listrik.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs