Selasa, 21 Mei 2024

Luweng Ombo Women Adventure, Sambut Hari Kartini

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aktivis Pataga perempuan saat ekspedisi susur goa Luweng Ombo. Foto: Pataga Surabaya for suarasurabaya.net

Menyambut peringatan Hari Kartini 21 April, empat mahasiswi yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam 17 Agustus 1945 (Pataga) Surabaya menggelar Luweng Ombo Women Adventure.

Ekspedisi susur goa di Luweng Ombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tersebut merupakan upaya aktivis Pataga Untag Surabaya untuk memperkenalkan aktivitas menarik yang juga dapat dilaksanakan oleh kaum perempuan.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Kartini 2015 sekaligus untuk meningkatkan skill tim divisi susur goa Pataga Untag Surabaya, khususnya bagi anggota perempuan. Perempuan juga mampu berkiprah di bidang yang umumnya dilakukan oleh kaum pria,” terang Andi Arifin Ketua Pelaksana Luweng Ombo Women Adventure pada suarasurabaya.net, Selasa (31/3/2015).

Melibatkan 14 anggota terdiri dari 4 wanita sebagai tim susur goa dan 10 pria sebagai tim pendukung ekspedisi di goa yang disebut-sebut sebagai goa vertikal terdalam di Pulau Jawa, dengan kedalaman mulai dari 50 meter hingga 80 meter ini.

Selain Luweng Ombo, tim Pataga Surabaya juga melakukan ekspedisi ke Goa Jomblang dan Gubuk yang berada di kawasan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Seluruh rangkaian ekspedisi susur goa yang dilakukan tim Pataga Untag Surabaya ini dijadwalkan sebagai pemanasan untuk pelaksanaan ekspedisi berskala nasional yang bakal digelar akhir tahun 2015 mendatang.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs