Minggu, 12 Mei 2024

MEA 2015, Bidik Pasar Eropa Lewat Buah-buahan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Buah-buahan lokal yang dikelola Puspa Agro Jawa Timur. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Menggelontor pasar Eropa dengan produk komoditi aneka buah-buahan lokal Indonesia, adalah satu diantara bidikan kinerja PT Puspa Agro Jawa Timur untuk tahun 2015 ini. Hal itu dikarenakan produk buah-buahan asli Indonesia memiliki kelebihan tersendiri, dibandingkan dengan prosuk dari negara lain.

“Pasar Eropa menjadi bidikan kami untuk tahun 2015 ini. Produk buah-buahan asli Indonesia memang cukup diminati pasar Eropa. Kabarnya buah-buahan lokal Indonesia berbeda dengan negara lain. Produk buah-buahan kita cukup bagus dan diminati pasar Eropa,” terang Abdullah Muchibuddin Direktur PT Puspa Agro Jawa Timur, Rabu (4/2/2015).

Muchibuddin mencontohkan untuk buah Kelapa, di tahun 2014 lalu, setiap bulan pihaknya mengirimkan ke pasar Eropa sekurangnya 24 ton kelapa.” Kelapa utuh. Masih ada airnya. Informasi yang kami dapatkan dari kawan-kawan di Eropa sana, khusus Kelapa dengan airnya itu diminati masyarakat Eropa. Ini luar biasa sekali,” papar Muchibuddin.

Oleh karena itu, Muchibuddin ditahun 2015 ini tengah mempersiapkan berbagai upaya untuk dapat menembus pasar Eropa dengan aneka komoditi buah-buahan. Selain menggalang kerja sama dengan berbagai pihak, diantaranya para petani buah di sejumlah daerah di Jawa Timur, PT Puspa Agro juga menjalin komunikasi dengan pelaku pasar di Eropa.

“Kami fokus untuk menggarap buah-buahan lokal agar bisa tembus pasar Eropa. Selain kelapa, ada mangga, kakao dan jagung. Petani sudah kami ajak bekerja sama untuk dapat merealisasikan itu. Demikian juga kontak dengan pasar Eropa terus kami lakukan. Ini satu diantara target kami di 2015 dan MEA,” pungkas Abdullah Muchibuddin Direktur PT Puspa Agro Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Rabu (4/2/2015).(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
34o
Kurs