Minggu, 5 Mei 2024

Mahasiswa ITS Ciptakan Compact 3D Printer Murah untuk UMKM

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Printer 3D berharga murah untuk UMKM buatan mahasiswa ITS. Foto: istimewa

Seorang mahasiswa ITS berhasil membuat karya compact 3D printer murah untuk UMKM. R Aditya Brahmana Compact 3D Printer buatan Aditya Brahmana dinamai Zhaped. Alat tersebut mampu membuat barang dari plastik dengan cepat.

Produk prototip ini masih dia buat dengan bahan utama kayu. Sedangkan sistem elektronik yang menggerakkan mesin ini dia modifikasi dari robot.

“Biar hasilnya tetap prima meski harganya murah,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITS ini kepada suarasurabaya.net, Rabu (1/7/2015).

Dibandingkan dengan harga Compact 3D Printer di pasaran, mesin buatan Aditya jauh lebih murah.

“Kalau di pasaran harganya sampai 15 juta, ini cukup 4 juta saja,” katanya. Adit, panggilan akrab mahasiswa ini, sengaja membuat mesin itu untuk pangsa UMKM.

Adit berencana akan mulai memproduksi dan menjual mesinnya tersebut untuk UMKM pada akhir tahun 2015. “Semoga akhir tahun bisa dijual,” ujarnya.

Tidak hanya berkarya, Aditya berhasil mengalahkan para pesaingnya dalam ajang Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Nasional 2015 kategori Sarjana.

Kali ini Aditya berhasil menyabet Juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Nasional 2015 kategori Sarjana.

Sebelumnya Aditya juga pernah menorehkan prestasi dan memperoleh penghargaan Social Venture Challenges di ajang Harvard Model United Nations di Harvard University, Amerika Serikat. (den/rst)

Teks Foto:
– R Aditya Brahmana saat menerima piala dan penghargaan sebagai mahasiswa perprestasi nasional.
Foto: istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs