Jumat, 17 Mei 2024

Mahasiswa Ini Teliti Es Krim Dengan Pasta Buah Mengkudu

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Syamsul Arifin teliti Es Krim dengan tambahan pasta Mengkudu. Foto: Totok suarasurabaya.net

Nilai gizi dalam kandungan Es Krim dikenal cukup bagus. Mulai dari kandungan Protein, Lemak juga Vitamin dan Mineral, sehingga menjadikan Es Krim sebagai sajian atau kudapan yang hampir sempurna.

Kualitas Es Krim ditentukan oleh kadar lemak dan proteinnya. Es Krim mempunyai harga jual yang relatif tinggi karena menggunakan bahan baku Susu Sapi.

Syamsul Arifin mahasiswa Fakultas Pertanian program studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Drs. Soetomo (Unitomo) Surabaya, mencoba menambahkan buah Mengkudu sebagai bahan tambahan pada Susu Full cream pada bahan Es Krim.

“Mengkudu dipilih sebagai bahan tambahan dari susu full cream sehingga Es Krim yang dihasilkan bernilai jual lebih murah. Juga untuk diversifikasi budidaya Mengkudu yang pemanfaatnnya kurang optimal,” terang Syamsul Arifin.

Pemilihan Mengkudu, lanjut Syamsul, dikarenakan buah ini memiliki berbagai kandungan zat aktif, seperti misalnya senyawa terpenoid, zat anti bakteri, dan antioksidan, yang cukup bermanfaat bagi tubuh.

Dan dalam penelitian Syamsul Arifin dibawah bimbingan Ir. Nunuk Hariyani, MP dan Kejora Handarini, STP .MP, yang ditujukan untuk menentukan penambahan pasta Mengkudu pada susu full cream yang tepat yang dapat menghasilkan es krim yang berkualitas baik yang dapat diterima oleh konsumen, dihasilkan beberapa temuan.

Temuan itu diantaranya, adanya kadar Protein 7,68% dan kadar Lemak 5,37% dalam es krim dengan tambahan Mengkudu. “Sedangkan dari uji Organoleptik, Es Krim ini disukai penikmatnya,” tukas Syamsul Arifin pada suarasurabaya.net, Kamis (26/3/2015).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
28o
Kurs