Rabu, 30 September 2020

Manfaat Bermain Bagi Kesehatan Tubuh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Seorang nenek bersemangat bermain egrang di SUCF 2015, Minggu (7/6/2015). Foto: Dodi/Dok. suarasurabaya.net

Berusia dewasa tak berarti harus berhenti bermain.

Penelitian menunjukkan bermain permainan yang membutuhkan daya ingat atau aktifitas fisik, dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan kebahagiaan seseorang.

Berikut sejumlah manfaat bermain bagi kesehatan Anda:

Meningkatkan kemampuan berpikir
Permainan memori dapat menstimulasi pertumbuhan otak. Menurut sebuah studi, mempelajari nama-nama baru menggunakan warna berhubungan dengan peningkatan bagian abu-abu dalam otak.

Kesehatan jantung
Permainan fisik merupakan upaya terbaik untuk lebih aktif. Kegiatan memberi dampak bagus untuk jantung. Misalnya, berjalan bisa membakar 230 kalori per jam, sementara menari dan bersepeda masing-masing bisa membakar sekitar 320 kalori dan 420 kalori.

Baik untuk hubungan Anda
Pasangan yang bermain bersama lebih langgeng, menurut sebuah penelitian. Sebuah studi memperlihatkan, pasangan yang menghabiskan waktu bersama menunjukkan kepuasan hubungan yang luar biasa.

Mencegah stres
Bermain sering membuat kita tertawa. Inilah yang dapat menurunkan tingkat stres. Studi menunjukkan, pada mereka yang menonton video komedi, terjadi penurunan hormon kortisol (hormon yang berhubungan dengan stres). Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda, karena menyebabkan sejumlah masalah seperti sakit kepala, kecemasan dan masalah tidur. Demikian seperti dilansir real simple.com.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Rabu, 30 September 2020
32o
Kurs