Minggu, 5 Mei 2024

Manfaatkan Akhir Pekan Dengan Berburu Batu Akik

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Batu akik yang dijual di kawasan fly over Pasar kembang, Minggu (5/4/2015). Foto:Wakhid suarasurabaya.net

Memanfaatkan akhir pekan bersama keluarga untuk berlibur, sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun bagaimana rasanya jika menghabiskan libur akhir pekan untuk berburu batu akik.

Ini yang terjadi di kawasan fly over Pasar Kembang Surabaya, Minggu (5/4/2015). Puluhan warga mulai dari yang muda hingga tua, bahkan para wanita tampak berjubel untuk memilih batu akik.

Bukan tempat permanen untuk para penjual batu akik memang namun para penjual ini memanfaatkan situasi dimana batu akik saat ini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Di lokasi yang menjadi pasar dadakan batu akik tersebut warga antusias untuk melihat dan membeli batu alam bongkahan, kemudian dibentuk menggunakan mesin grenda dengan ukuran dan bentuk sesuka hati.

Sugeng (30) satu diantara pengrajin batu akik mengaku, saat libur panjang ini mampu menerima order pembentukan batu akik hingga 40 batu akik dalam sehari.

“Rata-rata satu batu akik membutuhkan waktu pengerjaan 30 menit. Ongkosnya sekitar Rp 40 ribu,” kata Sugeng kepada suarasurabaya.net, Minggu (5/4/2015).

Sementara itu, Khoirul warga Surabaya yang sudah dua tahun terakhir menjadi penggemar akik mengatakan, dirinya sengaja mendatangi pusat pembuatan batu akik untuk mencari tambahan koleksi pribadinya.

“Saya beli batu akik bajan hijau buat tambahan koleksi di rumah. Harganya Rp1 juta,” ujarnya.

Selain itu, Ririn (38) wanita asal Surabaya ini sering datang ke tempat pengrajin batu akik, termasuk di sekitar fly over Pasar kembang ini untuk menambah koleksi pribadinya.

“Sudah biasa kalau harus ikut berkerumun gini untuk melihat batu akik. Kalau ada yang cocok ya ditawar harganya, kalau beruntung ya dapat barang bagus dengan harga agak murah,” kata dia.

Sekadar diketahui, pada hari-hari biasa kawasan sekitar fly over Pasar Kembang ini digunakan tempat untuk berjualan burung. Namun memasuki hari libur dan akhir pekan, seketika berubah menjadi pusat pembuatan batu akik yang diserbu para penggemar batu akik. (wak/dwi)

Teks Foto:
1. Warga berkerumun untuk melihat batu akik yang dijual di kawasan Jl. Raya Kupang, Surabaya sekitar fly over Pasar Kembang.
2. Sugeng pengrajin batu akik saat mengerjakan pesanan pembuatan batu akik.
3. Tidak hanya pria, wanita pun ikut berkerumun melihat batu akik di kawasan Jl. Raya Kupang, Surabaya
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs