Senin, 29 April 2024

Mantan Pecandu Narkoba Asal Surabaya Ikuti Turnamen Bola Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Match day HWC 2014 di Santiago Chile. Foto: homelessworldcup.org

Tiga dari empat dampingan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya, bakal bergabung dengan Timnas Indonesia mengikuti turnamen sepak bola internasional Homeless World Cup (HWC) 2015 yang digelar di Amsterdam, Belanda.

Ke tiga dampingan BNN Surabaya itu adalah: Dadang Muslimin, Muhammad Farid dan Abdul Hakim Lukman, dan ketiganya memang dinyatakan sudah bebas dan bersih dari narkoba.

“Mulai 30 Juli nanti mereka bertiga akan menuju Bandung bergabung dengan Timnas Indonesia untuk mengikuti Trainning Centre (TC) sampai akan diberangkatkan menuju Amsterdam, Belanda,” kata AKBP Suparti Kepala BNN Surabaya, Kamis (23/7/2015).

Suparti mengatakan, bahwa ketiga dampingan ini sudah mengikuti HWC sejak tahun 2014 lalu hingga diberangkatkan menuju Chile.

Sekadar catatan, Indonesia menempati peringkat 10 dari 70 negara peserta. Indonesia bahkan pernah menempati peringkat empat dunia tahun 2012 di Mexico, yang menobatkan Doni Ari Setiawan menjadi pelatih terbaik.

Suparti menegaskan bahwa ini merupakan bukti bahwa mantan pecandu dan pengguna narkoba dapat berprestasi dikancah internasional.

“Mantan pecandu itu selalu didiskriminasi dan mendapat stigma buruk dari masyarakat. Ini sangat merugikan. Ketiga dampingan BNN Surabaya ini memilih sepak bola untuk menghilangkan stigma serta memotivasi mereka agar dapat berprestasi,” kata AKBP Suparti.

Sekadar diketahui, turnamen internasional HWC 2015 akan digelar pada 11 September hingga 18 September 2015 mendatang, di Amsterdam Belanda dan diikuti sejumlah negara lain di dunia.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs