Senin, 20 Mei 2024

Marinir Kampanye Selamatkan Terumbu Karang Dengan Fun Bike

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Fun bike kampanye selamatkan Terumbu Karang bersama Marinir. Foto: Dispen Kormar

Sebanyak 600 prajurit Resimen Batuan Tempur-1 Marinir kampanyekan penyelamatan dan budidaya Terumbu Karang dengan fun bike di wilayah Surabaya dan Gresik, Kamis (28/5/2015).

Agar lebih mendalami karakter dari tema yg diusung dari kegiatan kampanye Save Our Littoral Life tersebut para peserta juga diperbolehkan mengenakan atribut maupun dandanan yang menarik dan beraneka ragam namun tidak lepas dari tema.

Kolonel Marinir Ludi Prastyono mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan menarik minat dan simpati dari masyarakat yang tinggal maupun beraktifitas di sepanjang jalan yang menjadi rute.

Dengan mengusung tema: Izakod Bekai, Izakod Bekai, yang berarti Satu Hati Satu Tujuan, sebagai upaya untuk penyelamatan dan pembudidayaan Terumbu Karang di Indonesia.

Dalam kurun waktu 10 tahun ini, lanjutnya, banyak Terumbu Karang di Indonesia yang mengalami kerusakan bahkan musnah akibat kegiatan ekplorasi bawah laut yang sembarangan dan tidak terkontrol.

Padahal diakui oleh PBB maupun dunia internasional, Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan hayati bawah laut terbesar dan Terumbu Karang yang paling indah di dunia.

Save Our Littoral Life yang dicanangkan Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana tersebut, Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir turut ambil bagian dengan sektor penyelamatan dan budidaya Terumbu Karang diwilayah pesisir pantai Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan.

Menbanpur-1 Mar sampai saat ini, telah mempersiapkan wadah dan sarana pengembangbiakan Terumbu Karang (substrak) sekitar 3.600 unit dilaksanakan 6 batalyon di jajaran Menbanpur-1 Mar dengan harapan bisa mencapai 10.000 unit substrak pada awal Agustus nanti.

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Kolonel Marinir Ludi Prastyono dengan menempuh jarak 30 km tersebut juga diikuti Wadan Menbanpur-1 Mar Letkol Mar Eko Wahyudi, Pasintel Letkol Mar Nicholas R. Tampubolon, Pasops Letkol Mar Budi Setyoko S.T., Paspers Mayor Marinir Agus Widodo, Para Komandan Satlak dan seluruh Perwira dijajaran Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs